Pkn Kelas X   Leave a comment

SILABUS

 

 

NAMA SEKOLAH                               : SMKN 1 PLERED PURWAKARTA

MATA PELAJARAN             : Pendidikan Kewarganegaraan

KELAS/SEMESTER            : X/ 1

STANDAR KOMPETENSI  : Memahami Hakikat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

KODE KOMPETENSI         : 1

ALOKASI WAKTU               : 14 X 45 Menit

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

1.1  Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
  • Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
  • Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
  • Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara
Bangsa dan negara

  • Manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial
  • Pengertian dan unsur terbentuknya bangsa
  • Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara

-   Rakyat

-   Wilayah

-   Pemerintah yang berdaulat

-   Pengakuan dari negara lain

Mengkaji berbagai literatur tentang kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian literatur tentang pengertian dan unsur terbentuknya bangsa, pengertian negara dan unsur-unsur terbentuknya negara

  • o Non tes: Performance test (tugas kelompok/ individu)
  • o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
  • o Presentasi

4

  • Darji Darmo-diharjo, (1990), Pendidiikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Malang: Penerbit IKIP Malang
  • Budiyanto,(1999) Tata negara untuk SMA, Jakarta Penerbit Erlangga
1.2  Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
  • Menganalisis pengertian Negara
  • Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
  • Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
  • Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan
Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan

  • Hakikat negara
  • Asal mula terjadinya negara
  • pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain
  • Bentuk-bentuk kenegaraan
Mengkaji informasi dari berbagai sumber tentang pengertian dan asal mula terjadinya Negara

 

Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian literatur pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain dan bentuk-bentuk kenegaraan

  • o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
  • o Presentasi

4

  • Musthafa Kamal Pasha, B.Ed,(2002), Pendidikan Kewarganegaraan (Civics Education), Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri.
1.3  Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
  • Menguraikan pengertian dan fungsi negara
  • Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara
  • Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
    • Pengertian fungsi dan tujuan negara secara universal
    • Pengertian dan tujuan NKRI
    • Perbandingan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
    • Tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
Mengkaji dari berbagai buku sumber tentang pengertian, fungsi negara secara universal

Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian literatur tentang teori fungsi dan tujuan negara serta tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia

  • o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ ndividu)
  • o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
  • o Presentasi

2

  • Idrus Affandi, (1997), Tata Negara,Jakarta: Depdikbud-balai pustaka
1.4  Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  • Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
  • Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
  • Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
  • Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia
    • Semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)
    • Makna nasionalisme
    • Macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
    • Tata cara penerapan nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan
Mengkaji dari berbagai literatur tentang semangat kebangsaan dan patriotisme dan nasionalisme Indonesia, macam-macam perwujudan nasionalisme

Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian literatur tentang pengertian nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap nasionalisme dan patriotisme Indonesia

  • o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
  • o Presentasi

4

  • Anhar Gonggong (2002), Nasionalisme sebuah kajian sejarah, (makalah sarasehan antar generasi) Departemen Sosial, Jakarta
  • Hans Kohn, (1961) Nasionalisme arti dan sejarahnya,Jakarta: PT Pembangunan Djakarta.

 

NAMA SEKOLAH                                : SMKN 1 PLERED PURWAKARTA

MATA PELAJARAN            : Pendidikan Kewarganegaraan

KELAS/SEMESTER            : X/ 1

STANDAR KOMPETENSI : Menampilkan Sikap Positif Terhadap Sistem Hukum dan Peradilan Nasional

KODE KOMPETENSI         : 2

ALOKASI WAKTU               : 14 X 45 Menit

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

2.1  Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional
  • Mendeskripsikan pengertian hukum
  • Menentukan macam-macam penggolongan Hukum
  • Mendeskripsikan sumber hukum formal dan material
  • Menjelaskan sistem tata hukum Indonesia
  • Mendeskripsikan pengertian dan dasar hukum lembaga peradilan nasional
Sistem hukum dan lembaga peradilan

  • Pengertian hukum
  • Penggolongan hukum
  • Sumber hukum
  • Tata hukum Indonesia
  • Lembaga-lembaga peradilan
Menganalisis berbagai buku sumber tentang pengertian sistem hukum dan penggolongan hukum.

Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian tentang sumber hukum, pengertian lembaga peradilan nasional dan dasar hukum lembaga peradilan nasional

  • o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
  • o Presentasi

4

  • Soehino (1987) Ilmu Negara, Jakarata
  • Sudargo Gautama, (1987), Hukum Perdata Internasional Indonesia, Jakarta, Alumni
2.2  Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan
  • Mengidentifikasi perangkat lembaga peradilan
  • Mendeskripsikan macam-macam lembaga peradilan
  • Menganalisis fungsi dan peranan lembaga peradilan
  • Menganalisis pelaksanaan lembaga peradilan
Lembaga Peradilan

  • Perangkat atau alat kelengkapan lembaga peradilan
  • Klasifikasi lembaga peradilan
  • Peranan atau tugas dan fungsi lembaga peradilan
Mengkaji berbagai literatur tentang perangkat lembaga peradilan

Diskusi kelompok dan presentasi hasil kajian tentang macam-macam lembaga peradilan dan peranan lembaga peradilan

Melakukan Observasi praktek peradilan pada tingkat pengadilan Prabu Sakti 2 Purwakarta

  • o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
  • o Presentasi

4

  • UU kehakiman Republik Indonesia
  • UU Kepolisian
  • KUHAP
  • KUHP
  • Lembaga pemasyarakatan
2.3 Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku

 

  • Menunjukkan contoh sikap taat terhadap hukum
  • Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum
  • Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku
    • Sikap yang sesuai dengan hukum
    • Perbuatan-perbuatan yang sesuai dan yang bertentangan dengan hukum
    • Contoh perbuatan yang melanggar hukum beserta sanksinya
Mendiskusikan dan menyimpulkan tentang sikap taat pada hukum

Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum dan sanksinya

 

  • o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • o Presentasi

2

  • Berbagai media cetak dan elektronik
2.4  Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
  • Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi
  • Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi
  • Menunjukkan contoh tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi
    • Pemberantasan korupsi
    • Pengertian Korupsi
    • Dasar hukum pemberantas korupsi
    • Klasifikasi perbuatan korupsi
    • Kasus korupsi yang telah dikenakan sanksi
Mengkaji dari berbagai literatur tentang aturan dan macam – macam perbuatan yang berkategori korupsi

Mengkaji media cetak tentang contoh pemberantasan korupsi di Indonesia

Mendiskusikan dan menyimpulkan hasil kajian pemberantasan korupsi di Indonesia

  • o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • o Presentasi

4

  • Kumpulan naskah yang dikeluarkan oleh KPK
2.5  Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
  • Menunjukkan contoh sikap anti korupsi
  • Menunjukkan contoh gerakan/ organisasi anti korupsi
  • Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi
  • Manampilkan sikap anti korupsi
    • Peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
    • Macam-macam Gerakan atau organisasi anti korupsi
    • Contoh peran serta masyarakat dalam pemberantasan tindak korupsi
    • Sikap warga negara yang anti korupsi
Menelaah berbagai literatur tentang korupsi tentang perbuatan sikap anti korupsi

Mendiskusikan dan mempresentasikan tentang macam-macam perbuatan anti korupsi

  • o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
  • o Presentasi

2

  • Media cetak dan elektronik

 

 

 

NAMA SEKOLAH                                : SMKN 1 PLERED PURWAKARTA

MATA PELAJARAN            : Pendidikan Kewarganegaraan

KELAS/SEMESTER            : X/ 1

STANDAR KOMPETENSI : Menampilkan Peran Serta dalam Upaya Pemajuan, Penghormatan dan Perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM)

KODE KOMPETENSI         : 3

ALOKASI WAKTU               : 10 X 45 Menit

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

3.1  Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
  • Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah
  • Menentukan instrumen HAM nasional
  • Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat
Pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM

  • o Pengertian dan macam-macam HAM
  • o Upaya pemerintah dalam menegakan HAM
  • o Instrumen atau dasar hukum yang mengatur HAM
  • o Peran masyarakat dalam menegakan HAM
Mengkaji dari berbagai pustaka (buku paket dan sumber lain) tentang pengertian, macam-macam instrumen HAM

Mendiskusikan dan mempresentasikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah, individu dan masyarakat

  • o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • o Presentasi

4

  • Fakih Mansour, Antonius M. Indrianto, Eko Prasetyo, (2003), Menegak
  • kan Keadilan dan Kemanusiaan, Pogunglor C-145,Yogyakarta: Insist Press.
  • ·Mansyur Effendi, (1993), HAM, Jakarta, GI
3.2  Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
  • Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
  • Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAM
  • Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
Peran serta dalam penegakan HAM di Indonesia

  • o Proses pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
  • o Pelanggaran HAM dan penangganan kasus pelanggaran HAM
  • o Contoh perilaku yang sesuai dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
Mengkaji berbagai sumber tentang proses penegakkan HAM, menentukan sikap, perilaku yang sesuai dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia

Melalui pengamatan dapat mengilustrasikan dan menyimpulkan contoh perilaku dalam penegakkan HAM

  • o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • o Presentasi

4

  • UU HAM
  • Munir (2003), HAM dan posisi Hukum, LPTHI Ikadin, Jakarta
3.3  Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM
  • Mendeskripsikan instrumen HAM internasional
  • Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional
  • Mendeskripsikan peradilan HAM internasional
Instrumen hukum dan peradilan internasional HAM

  • o Instrumen HAM Internasional
  • o Kasus-kasus pelanggaran HAM internasional
  • o Proses dan sanksi pelanggaran HAM pada Peradilan Internasional
Mengkaji beberapa literatur dan sumber bacaan tentang instrumen hukum dan peradilan internasional HAM serta menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional
  • o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • o Presentasi

2

  • Aturan HAM International

 

 

NAMA SEKOLAH                                : SMKN 1 PLERED PURWAKARTA

MATA PELAJARAN             : Pendidikan Kewarganegaraan

KELAS/SEMESTER            : X/ 2

STANDAR KOMPETENSI : Menganalisis Hubungan Dasar Negara dengan Konstitusi

KODE KOMPETENSI         : 4

ALOKASI WAKTU               : 14 X 45 Menit

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

4.1   Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi
  • Mendeskripsikan pengertian dasar negara
  • Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara
  • Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi
  • Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara
Dasar negara dan konstitusi

  • Pengertian Dasar Negara dan Konstitusi Negara
  • Tujuan dan Nilai konstitusi
  • Keterkaitan Dasar negara dan konstitusi
Mengkaji berbagai literatur tentang pe-ngertian dasar negara dan konsitusi.

 

Mendiskusikan dan menyimpulkan tentang keterkaitan antara dasar negara dengan konstitusi

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • Presentasi

4

   
  • J.C.T. Simo-rangkir, SH., Dr. (1986), Hukum dan Konstitusi Indonesia, Jakarta: PT: Gunung Agung
4.2   Menganalisis substansi konstitusi negara
  • Menguraikan unsur sebuah konstitusi
  • Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu
  • Menganalisis substansi konstitusi Indonesia
Substansi konstitusi negara

  • Unsur-unsur konstitusi negara
  • Klasifikasi konstitusi di Indonesia
  • Implementasi dasar negara ke dalam konstitusi atau UUD 1945
Mengkaji beberapa buku sumber atau literatur tentang unsur-unsur konstitusi

 

menganalisis substansi konstitusi negara, ciri sebuah konstitusi dan konstitusi Indonesia

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • Presentasi

4

   
  • Mimbar Demokrasi, jurnal ilmiah, juusan ilmu sosial politik, fakultas ilmu social, universitas Prabu Sakti 2 Purwakarta Jakarta, vol 5, no. 1 Oktober 2005
4.3   Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan RepublikIndonesia
  • Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
  • Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945

 

 

  • Menguraikan makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia

  • Pokok pikiran pembukaan UUD 1945

 

 

  • Kedudukan Pembukaan dalam UUD 1945
  • Makna setiap alinia dalam pembukaan
Mengkaji UUD 1945 tentang pokok pikiran, makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945

 

 

 

Mendiskusikan dan menyimpulkan hasil kajian tentang kedudukan pembukaan terhadap UUD 1945

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)

 

  • Presentasi

4

   
  • H. Dahlan Thaib Dr. dkk, (1999) Teori dan Hukum Kostitusi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

 

4.4   Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara
  • Menunjukkan periodesasi konstitusi Indonesia
  • Mendeskripsikan kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan.
  • Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi
  • Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara
Perkembangan konstitusi Indonesia

  • Periode berlakunya konstitusi
  • Fungsi dan tahapan perubahan UUD 1945
  • Kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan
  • Contoh perilaku positif terhadap konstitusi negara
Mengkaji perubahan UUD 1945 tentang priodesasi konstitusi Indonesia

Mengkaji hasil perubahan UUD 1945 dapat menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi, dan bersikap positif terhadap konstitusi negara

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • Presentasi

2

   
  • Sekjen Mahkamah Konstitusi RI. (2005). UUD Negera Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta. Mahkamah Kostitusi Republik Indonesia

 

 

NAMA SEKOLAH                                : SMKN 1 PLERED PURWAKARTA

MATA PELAJARAN              : Pendidikan Kewarganegaraan

KELAS/SEMESTER             : X/ 2

STANDAR KOMPETENSI  : Menghargai Persamaan Kedudukan Warga Negara dalam Berbagai Aspek Kehidupan

KODE KOMPETENSI           : 5

ALOKASI WAKTU                 : 12 X 45 Menit

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

5.1   Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia
  • Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945
  • Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan
  • Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum
Warga negara dan pewarganegaraan

  • Dasar hukum yang mengatur Warga negara
  • Asas dan stesel dalam kewarganegaraan
  • Syarat menjadi warga negara
  • Hal yang menyebabkan kehilangan kewarganegaraan
Melakukan kajian literatur tentang warga negara sesuai hukum yang berlaku

 

Mendiskusikan dan menyimpulkan berbagai kasus kewarganegaraan syarat menjadi warga negara, penyebab kehilangan kewarganegaraan dan asas kewarganegaraan

  • o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • o Presentasi

4

   
  • CT. Kansil (1976), Aku warga negara Indonesia, Jakarta,
  • UU tentang Kewarga negaraan
5.2   Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
  • Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  • Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  • Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Persamaan kedudukan warga negara

  • Landasan hukum yang menjamin persamaan kedudukan warga negara
  • Aspek aspek persamaan kedudukan setiap warga negara
  • contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara
Mengkaji berbagai literatur tentang kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang diatur dalam Undang-undang

 

Mendiskusikan tentang perilaku yang mencerminkan pelaksanaan persamaan kedudukan yang diatur oleh UU yang berlaku

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • Presentasi

4

   
  • UUD 1945
  • UU tentang Kewarganegaraan
5.3. Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
  • Menunjukkan sikap persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
  • Mengidentifikasi ciri ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku secara garis besar
  • Mengembangkan sikap saling menghormati persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
Persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan

  • ras
  • Agama
  • Gender
  • golongan,
  • budaya,dan suku bangsa
Mendiskusikan dan mempresentasikan tentang persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
  • Presentasi

 

4

   
  • Buletin, surat kabar dan sumber lain yang relevan

 

  • Kasus yang ada di masyarakat

 

NAMA SEKOLAH                                : SMKN 1 PLERED PURWAKARTA

MATA PELAJARAN              : Pendidikan Kewarganegaraan

KELAS/SEMESTER            : X/ 2

STANDAR KOMPETENSI  : Menganalisis Sistem Politik di Indonesia

KODE KOMPETENSI         : 6

ALOKASI WAKTU               : 12 X 45 Menit

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

6.1   Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia
  • Mendiskripsikan pengertian sistim politik Indonesia
  • Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia
  • mendeskripsikan infrastruktur politik
supra struktur dan infra struktur politik

  • pengertian sistem politikIndonesia
  • cara berpolitik melalui Suprastruktur politik atau lembaga formal negara
  • Infrastruktur : kelompok kekuatan politik dalam masyarakat

-     partai politik

-      kelompok kepentingan

-      kelompok penekan

-      media komunikasi politik

Mengkaji literatur tentang pengertian sistem politikIndonesia

 

Mendiskusikan dan mempresentasikan tentang eksistensi supra struktur dan infra struktur politik diIndonesia

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
  • Presentasi

4

  • · Afan Gafar (2002) Civic education, Jakarta, Universitas Islam Prabu Sakti 2 Purwakarta
6.2   Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara
  • Menguraikan dinamika politik Indonesia
  • Menunjukkan kelebihan dan kelemahan sistim politik yang dianut Indonesia
  • Mendeskripsikan perbedaan sistim politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis
Sistem politik Indonesia dan sistem politik di berbagai negara

  • Dinamika politikIndonesia
  • Sistem politik di negara Liberal, negara komunis dan sistim politik diIndonesia
Menganalisis berbagai sumber bacaan tentang dinamika politik Indonesia,

 

 

Membandingkan sistem politik Indonesia dengan yang berlaku di negara liberal dan komunis

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
  • Presentasi

4

  • · Buku yang relevan, media cetak dan media elektronik
6.3   Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia
  • Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik
  • Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
  • Mensimulasikan salah satu kegiatan politik yang diselenggarakan oleh pemerintah (Pemilu)
  • Berperan serta secara aktif dalam sistim politik di Indonesia
Peran serta dalam sistem politik di Indonesia

  • Ciri masyarakat politik
  • Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
  • Contoh peranserta dalam system politik
Menganalisis berbagai literatur tentang ciri-ciri masyarakat politik

Mendemontrasikan perilaku dan berperan aktif dalam sistem politik di Indonesia

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
  • Presentasi

4

  • · Buku yang relevan, media cetak dan media elektronik

 


Posted November 11, 2011 by beninugraha79

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: