PKn Kelas XII   Leave a comment

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GANJIL

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 1

  1. Standar Kompetensi

Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

  1. Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka

  1. Materi Pokok

Pancasila sebagai ideologi terbuka

  • o Makna ideologi negara
  • o Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
  1. Indikator
  • Mendeskripsikan makna ideologi negara
  • Menjelaskan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
  1. Tujuan Pembelajaran
  • o Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat menyebutkan Makna ideologi negara
  • o Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat menyebutkan Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
  1. Metode/Pendekatan/model :
  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem
  1. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Mengkaji dari berbagai sumber (buku, nara sumber dsb.) tentang proses perumusan Pancasila sejak sidang BPUPKI sampai dengan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945

v  Menguraikan fungsi pokok Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

v  Mengajak siswa berfikir kritis dan menganalisis data dan fakta

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari materi Pancasila sebagai ideologi terbuka pemahaman siswa terhadap Pancasila semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

  1. Jenis Penilaian       : Tes Lisan
  2. Bentuk Penilaian    : Uraian Bebas
  3. Penugasan  :           Mengerjakan LKS
  1. Sumber,Alat, Bahan, Media
    1. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

  1. Alat                  :

Papan Tulis, kapur , OHP

  1. Bahan

Studi Kasus

  1. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GANJIL

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 2

1. Standar Kompetensi

Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

2. Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka

3. Materi Pokok

  • Fungsi pokok Pancasila
  • Pancasila sebagai ideologi terbuka

4. Indikator

  • Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
  • Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Menguraikan fungsi pokok Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

v  Membandingkan ideologi terbuka dan ideologi tertutup

v  Mengajak siswa berfikir kritis dan menganalisis data dan fakta

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari materi makna Pancasila sebagai ideologi terbuka pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

  1. Jenis Penilaian       : Tes Lisan
  2. Bentuk Penilaian    : Uraian Bebas
  3. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GANJIL

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 3

1. Standar Kompetensi

Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

2. Kompetensi Dasar

Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

3. Materi Pokok

Nilai-nilai Pancasila

  • Pancasila sebagai sumber nilai
  • Pancasila sebagai paradigma pembangunan

4. Indikator

  • Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai.
  • Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan.

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai.
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Mengkaji dari beberapa sumber pustaka tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan.

v  Mengajak siswa berfikir kritis dan menganalisis data dan fakta

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :
  • Setelah selesai mempelajari materi Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai pemahaman siswa semakin meningkat
  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GANJIL

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 4

1. Standar Kompetensi

Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

2. Kompetensi Dasar

Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

3. Materi Pokok

Nilai-nilai Pancasila

  • Pancasila sebagai sumber nilai
  • Pancasila sebagai paradigma pembangunan

4. Indikator

  • Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan.
  • Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan.
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Mengajak siswa berfikir kritis dan menganalisis data dan fakta

v  Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan sebagai paradigma pembangunan

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :
  • Setelah selesai mempelajari materi makna Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan pemahaman siswa semakin meningkat
  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

  1. Jenis Penilaian       : Tes Lisan
  2. Bentuk Penilaian    : Uraian Bebas
  3. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GANJIL

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke                        : 2 x 45 menit / 5

1. Standar Kompetensi

Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

2. Kompetensi Dasar

Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

3. Materi Pokok

  • Perilaku yang sesuai nilai-nilai Pancasila
  • Sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

4. Indikator

  • Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
  • Mengidentifikasi sikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Mengidentifikasi sikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Menggali informasi tentang sikap dan prilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila melalui media massa.

v  Mengajak siswa berfikir kritis dan menganalisis data dan fakta

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :
  • Setelah selesai mempelajari materi Perilaku yang sesuai nilai-nilai Pancasila pemahaman siswa semakin meningkat
  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GANJIL

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 6

1. Standar Kompetensi

Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

2. Kompetensi Dasar

Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

3. Materi Pokok

  • Perilaku yang sesuai nilai-nilai Pancasila
  • Sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

4. Indikator

  • Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
  • Mengidentifikasi sikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Mengidentifikasi sikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Melakukan observasi perilaku masyarakat lingkungannya yang sesuai dengan nilai Pancasila sebagai ideologi terbuka

v  Mengajak siswa berfikir kritis dan menganalisis data dan fakta

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :
  • Setelah selesai mempelajari materi Sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka  pemahaman siswa semakin meningkat
  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GANJIL

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke                        : 2 x 45 menit / 7

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Berbagai Sistem Pemerintahan

2. Kompetensi Dasar

Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara

3. Materi Pokok

Sistem pemerintahan

  • Pengertian Sistem pemerintahan
  • Sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

4. Indikator

  • Mendeskripsikan penegertian system pemerintahan
  • Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Mendeskripsikan penegertian system pemerintahan
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Mengkaji berbagai literatur tentang sistem pemerintahan

v  Mengidentifikasi negara-negara yang menganut sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

v  Mengajak siswa berfikir kritis dan menganalisis data dan fakta

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :
  • Setelah selesai mempelajari materi Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara pemahaman siswa semakin meningkat
  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GANJIL

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 8

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Berbagai Sistem Pemerintahan

2. Kompetensi Dasar

Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara

3. Materi Pokok

  •  Sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
  • Ciri-ciri sistem pemerintahan Parlementer dan Presidensial.

4. Indikator

  • Menguraikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
  • Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Menguraikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

v  Membandingkan dari berbagai aspek, negara-negara yang menganut sistem pemerintahan Presidensial dan parlementer

v  Mengajak siswa berfikir kritis dan menganalisis data dan fakta

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari materi Mengevaluasi Berbagai Sistem Pemerintahan pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GANJIL

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 9

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Berbagai Sistem Pemerintahan

2. Kompetensi Dasar

Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia

3. Materi Pokok

sistem pemerintahan Negara Indonesia

  • System pemerintahan menurut UUD 1945 awal kemerdekaan
  • Sistem pemerintahan menurut UUD 1945 setelah adanya perubahan

4. Indikator

  • Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945.
  • Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945.
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Mengkaji UUD 1945, dapat menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945 pada awal kemerdekaan

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GANJIL

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 10

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Berbagai Sistem Pemerintahan

2. Kompetensi Dasar

Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia

3. Materi Pokok

sistem pemerintahan Negara Indonesia

  • System pemerintahan menurut UUD 1945 awal kemerdekaan
  • Sistem pemerintahan menurut UUD 1945 setelah adanya perubahan

4. Indikator

  • Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945.
  • Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945.
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GANJIL

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 11

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Berbagai Sistem Pemerintahan

2. Kompetensi Dasar

Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain

3. Materi Pokok

Pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia

  • Kelebihan sistem pemerintahan Indonesia
  • Kelemahan sistem pemerintahan Indonesia

4. Indikator

  • Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia
  • Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Mengkaji berbagai buku, media cetak dan elektronik mengenai kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari materi membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GANJIL

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 12

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Berbagai Sistem Pemerintahan

2. Kompetensi Dasar

Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain

3. Materi Pokok

MengiIdentifikasikan tentang kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI dibandingkan dengan negara lain

4. Indikator

  • Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia
  • Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  MengiIdentifikasikan tentang kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI dibandingkan dengan negara lain

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari materi membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GENAP

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 1

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi

2. Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia

3. Materi Pokok

Peranan Pers

  • Pengertian pers
  • Fungsi pers

4. Indikator

  • Menguraikan pengertian, fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis
  • Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Menguraikan pengertian, fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Mengkaji dari berbagai buku sumber mengenai pengertian dan fungsi pers

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari materi Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GENAP

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 2

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi

2. Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia

3. Materi Pokok

  • perkembangan pers di Indonesia
  • Peranan Pers dalam masyarakat Demokrasi

4. Indikator

  • Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia
  • Menguraikan peranan pers dalam masyarakat demokratis

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Menguraikan peranan pers dalam masyarakat demokratis

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Menguraikan perkembangan pers di Indonesia

v  Menganalisis peranan pers di Indonesia

v   Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari materi Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GENAP

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 3

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi

2. Kompetensi Dasar

Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia

3. Materi Pokok

kode etik jurnalistik

  • Kode etik
  • Penyimpang kode etik jurnalistik oleh berbagai media

4. Indikator

  • Menguraikan pengertian kode etik jurnalistik
  • Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Menguraikan pengertian kode etik jurnalistik
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Mengkaji Undang-undang, buku, sumber lainnya tentang kode etik jurnalistik

v  Mengkaji kode etik jurnalistik yang berlaku dalam masyarakat demokratis di Indonesia

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari materi Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GENAP

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 4

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi

2. Kompetensi Dasar

Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia

3. Materi Pokok

  • Penyimpang kode etik jurnalistik oleh berbagai media
  • Upaya-upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers

4. Indikator

  • Menunjukkan contoh-contoh penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media
  • Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Menunjukkan contoh-contoh penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Mendiskusikan dan mempresentasikan tentang kode etik jurnalistik, penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media, dan upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers di media cetak dan elektronik

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari materi Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GENAP

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 5

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi

2. Kompetensi Dasar

Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia 3. Materi Pokok

MengiIdentifikasikan tentang kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI dibandingkan dengan negara lain

3. Materi Pokok

Kebebasan pers dan dampaknya

  • Manfaat media massa dalam kehidupan sehari-hari.
  • Dampak dari penyalahgunaan kebebasan pers/media massa

4. Indikator

  • Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
  • Menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/ pers.

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia.
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/ pers.

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Mengkritisi berbagai berita, artikel dari media cetak dan elektronik yang tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik

v   Mengkaji manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari materi Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GENAP

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 6

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi

2. Kompetensi Dasar

Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia

3. Materi Pokok

Kebebasan pers dan dampaknya

  • Manfaat media massa dalam kehidupan sehari-hari.
  • Dampak dari penyalahgunaan kebebasan pers/media massa

4. Indikator

  • Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
  • Menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/ pers.

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia.
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/ pers.

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil temuan dan kajian tentang dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat Indonesia

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari materi Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GENAP

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke                        : 2 x 45 menit / 7

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Dampak Globalisasi

2. Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan proses, aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

3. Materi Pokok

Globalisasi

  • Proses dan aspek globalisasi
  • Dampak-dampak globalisasi

4. Indikator

  • Mengemukakan proses globalisasi
  • Mendeskripsikan aspek globalisasi
  • Mendeskripsikan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Mengemukakan proses globalisasi
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Mendeskripsikan aspek globalisasi
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Mendeskripsikan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Mengkaji proses dan aspek globalisasi dari berbagai media cetak dan elektronik

v  Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian literatur tentang dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari materi Mendeskripsikan proses, aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                               Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GENAP

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke                        : 2 x 45 menit / 8

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Dampak Globalisasi

2. Kompetensi Dasar

Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia

3. Materi Pokok

Pengaruh globalisasi dalam bidang :

  • ekonomi
  • social budaya
  • politik
  • Hankam

4. Indikator

  • Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Mengkaji dari berbagai media cetak dan elektronik tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa Indonesia dalam bidang POLEKSOSBUDHANKAM

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari materi Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GENAP

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke                        : 2 x 45 menit / 9

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Dampak Globalisasi

2. Kompetensi Dasar

Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia

3. Materi Pokok

Pengaruh negara lain yang dirasakan Indonesia sebagai dampak globalisasi

4. Indikator

  • Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia sebagai dampak globalisasi

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia sebagai dampak globalisasi

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian tentang contoh-contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia sebagai dampak globalisasi

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari materi Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GENAP

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 10

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Dampak Globalisasi

2. Kompetensi Dasar

Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia

3. Materi Pokok

  • Implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia
  • Sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi

4. Indikator

  • Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi.

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi.

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Mengkaji berbagai literatur tentang implikasi globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari materi Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GENAP

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 11

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Dampak Globalisasi

2. Kompetensi Dasar

Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia

3. Materi Pokok

  • Implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia
  • Sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi

4. Indikator

  • Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi.

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi.

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar

v  Menyimpulkan dari hasil kajian dan menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi dan menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi.

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari materi Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GENAP

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke                        : 2 x 45 menit / 12

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Dampak Globalisasi

2. Kompetensi Dasar

Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia

3. Materi Pokok

tulisan tentang globalisasi

  • Langkah-langkah penulisan ilmiah
  • Sistematika penulisan
  • Presentasi karya tulis

4. Indikator

  • Meresensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • Membuat karya tulis tentang pengaruh globalisasi

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Meresensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • Melalui ceramah bervariasi, siswa dapat Membuat karya tulis tentang pengaruh globalisasi

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Meresensi berita/artikel dari beberapa buku, surat kabar, media elektronik tentang pengaruh globalisasi terhadap kehidupan bangsa dan negara Indonesia

v  Menyusun tulisan ilmiah tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari materi Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia  pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                                 : XII / GENAP

Tahun Pelajaran                                : 2011 /2012

Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 PLERED

Alokasi Waktu/Pertemuan ke            : 2 x 45 menit / 13

1. Standar Kompetensi

Mengevaluasi Dampak Globalisasi

2. Kompetensi Dasar

Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia

3. Materi Pokok

tulisan tentang globalisasi

  • Langkah-langkah penulisan ilmiah
  • Sistematika penulisan
  • Presentasi karya tulis

4. Indikator

  • Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi

5. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui penjelasan dari Guru siswa dapat Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi

6. Metode/Pendekatan/model               :

  • Metode                        : Ceramah bervariasi, Tanya jawab dan studi kasus
  • Pendekatan      : CTL, Problem Solving
  • Model              : Cognitivisem, Kontruksivisem

7. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke 1

7.1.  Kegiatan Awal

  1. Apersepsi/eksplorasi    :

v  Set Induction

v  Menginformasikan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

  1. Motivasi           :

v  Memancing konsentrasi siswa

v  Obrolan tentang keseharian yang berkaitan dengan pokok bahasan

  1. Kegiatan Inti ( Eksploitasi )      :

v  Menjelaskan materi melalui ceramah bervariasi

v  Mempresentasikan hasil tulisannya di depan kelas dan dikritisi oleh teman-temannya

v  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan konsep yang telah dikuasai

v  Memberi penguatan penguasaan materi yang urgen dan yang belum dipahami

7.2. Kegiatan Akhir

  1. Refleksi/konfirmasi           :

Setelah selesai mempelajari materi Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia  pemahaman siswa semakin meningkat

  1. Penilaian    :

– Prosedur Penilaian  : Penilaian Proses Belajar dan Penilaian Hasil Belajar

– Alat Penilaian      :

1. Jenis Penilaian   : Tes Lisan

2. Bentuk Penilaian            : Uraian Bebas

  1. Penugasan  :           Mengerjakan LKS

8. Sumber,Alat, Bahan, Media

a. Sumber

Buku Paket PKn kelas XII karangan Drs. H. Suardi Abubakar dkk Terbitan Yudisthira

b. Alat                                :

Papan Tulis, kapur , OHP

c. Bahan

Studi Kasus

d. Media

Bagan / Skema

Mengetahui,                                                                            Plered,   Juli 2011

            Kepala SMK NEGERI 1 PLERED                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

              Drs. H. Hery Haryadi, M.M.Pd                                           Beni Nugraha, S.Pd

              Nip. 19540214 197902 1 002                                                           Nip. 19680427 200701 1 002

Posted November 11, 2011 by beninugraha79

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: