PKn Kelas XII   Leave a comment

NAMA SEKOLAH                  : SMKN 1 PLERED PURWAKARTA

MATA PELAJARAN                : Pendidikan Kewarganegaraan

KELAS/ SEMESTER              : XII/1

STANDAR KOMPETENSI    : Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

KODE KOMPETENSI            : 1

ALOKASI WAKTU                   : 10 X 45 Menit

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

1.1 Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka
  • Mendeskripsikan makna ideologi negara
  • Menjelaskan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
  • Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara
  • Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
  • Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
Pancasila sebagai ideologi terbuka

  • Makna ideologi negra
  • Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
  • Fungsi pokok Pancasila
  • Pancasila sebagai ideologi terbuka
Mengkaji dari berbagai sumber (buku, nara sumber dsb.) tentang proses perumusan Pancasila sejak sidang BPUPKI sampai dengan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945

Menguraikan fungsi pokok Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Membandingkan ideologi terbuka dan ideologi tertutup

Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil penggalian informasi makna Pancasila sebagai ideologi terbuka

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • Presentasi

4

   
  • Nugroho Noto-susanto (1983), Naskah Prokla-masi yang Otentik dan Rumusan Pan-casila yang Otentik, Jakarta: PN Balai Pusta-ka.
  • Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, amandemen I, II, III dan IV, Bandung: Citra Umbara

 

 

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN

PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

1.2 Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
  • Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai.
  • Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan.
  • Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
Nilai-nilai Pancasila

  • Pancasila sebagai sumber nilai
  • Pancasila sebagai paradigma pembangunan
Mengkaji dari beberapa sumber pustaka tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan.

Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan sebagai paradigma pembangunan

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • Presentasi

4

   
  • UUD 1945
  • Buku-buku sumber yang relevan
  • Buku pelajaran
1.3 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
  • Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
  • Mengidentifikasi sikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.
    • Perilaku yang sesuai nilai-nilai Pancasila
    • Sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
Menggali informasi tentang sikap dan prilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila melalui media massa

Melakukan observasi perilaku masyarakat lingkungannya yang sesuai dengan nilai Pancasila sebagai ideologi terbuka

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • Presentasi

2

   
  • Media cetak dan media eletronik
  • Buku-buku sumber yang relevan
  • Buku pelajaran

 

NAMA SEKOLAH                                : SMKN 1 PLERED PURWAKARTA

MATA PELAJARAN             : Pendidikan Kewarganegaraan

KELAS/ SEMESTER           : XII/1

STANDAR KOMPETENSI : Mengevaluasi Berbagai Sistem Pemerintahan

KODE KOMPETENSI         : 2

ALOKASI WAKTU               : 8 X 45 Menit

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

2.1 Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
  • Mendeskripsikan penegertian system pemerintahan
  • Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara
  • Menguraikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
  • Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
Sistem pemerintahan

  • Pengertian Sistem pemerintahan
  • Sistem pemerintahan Presidensial
  •  dan Parlementer
  • Ciri-ciri sistem pemerintahan Parlementer dan Presidensial.
Mengkaji berbagai literatur tentang sistem pemerintahan

Mengidentifikasi negara-negara yang menganut sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

Mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

Membandingkan dari berbagai aspek, negara-negara yang menganut sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • Presentasi

2

   
  • Moh. Kusnardi., Harmaily Ibrahim (1993) Pengantar Hukum Tata Negara RI. FHUI.
  • Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, perubahan I, II, III dan IV

 

 

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

JENIS PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

2.2 Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia
  • Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945.
  • Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan
sistem pemerintahan Negara Indonesia

  • System pemerintahan menurut UUD 1945 awal kemerdekaan
  • Sistem pemerintahan menurut UUD 1945 setelah adanya perubahan
Mengkaji UUD 1945, dapat menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945 pada awal kemerdekaan

Mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  •  Presentasi

2

   
  • Jimly ashieddieqy Sistem pemerintahan diIndonesia, makalah pembukaan temu wicara guru PKn Propinsi Dki dengan Mahkamah Konstitusi, 2005
  • Buku-buku yang relevan
  •  Bukupelajaran
2.3 Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain

 

  • Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia

 

  • Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain
Pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia

  • Kelebihan sistem pemerintahan Indonesia
  • Kelemahan sistem pemerintahan Indonesia

Perbandingan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain

Mengkaji berbagai buku, media cetak dan elektronik mengenai kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI

MengiIdentifikasikan tentang kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI dibandingkan dengan negara lain

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • Presentasi

4

   
  • Jimly ashieddieqy Sistem pemerintahan diIndonesia, makalah pembukaan temu wicara guru PKn Propinsi Dki dengan Mahkamah Konstitusi, 2005
  • Buku-buku yang relevan

 

 

 

NAMA SEKOLAH                                : SMKN 1 PLERED PURWAKARTA

MATA PELAJARAN             : Pendidikan Kewarganegaraan

KELAS/ SEMESTER           : XII/2

STANDAR KOMPETENSI : Mengevaluasi Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi

KODE KOMPETENSI         : 3

ALOKASI WAKTU                : 10 X 45 Menit

 

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

JENIS PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

3.1 Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
  • Menguraikan pengertian, fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis
  • Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia
  • Menguraikan peranan pers dalam masyarakat demokratis
Peranan Pers

  • Pengertian pers
  • Fungsi pers
  • perkembangan pers di Indonesia
  • Peranan Pers dalam masyarakat Demokrasi
Mengkaji dari berbagai buku sumber mengenai pengertian dan fungsi pers

Menguraikan perkembangan pers di Indonesia

Menganalisis peranan pers di Indonesia

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • Presentasi

2

   
  • UU Pers
  • UU kemerdekaan mengeluar-kan pendapat
  • Masduki, kebebasan pers dan Kode etik jurnalisti
  • Buku-buku yang relevan
  • Buku pelajaran

 

 

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

JENIS PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

3.2 Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
  • Menguraikan pengertian kode etik jurnalistik
  • Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
  • Menunjukkan contoh-contoh penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media
  • Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers
kode etik jurnalistik

  • Kode etik
  • Penyimpang kode etik jurnalistik oleh berbagai media
  • Upaya-upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers
Mengkaji Undang-undang, buku, sumber lainnya tentang kode etik jurnalistik

Mengkaji kode etik jurnalistik yang berlaku dalam masyarakat demokratis di Indonesia

Mendiskusikan dan mempresentasikan tentang kode etik jurnalistik, penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media, dan upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers di media cetak dan elektronik

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • Presentasi

4

   
  • UU Pers
  • UU kemerdekaan mengeluar-kan pendapat
  • Masduki, kebebasan pers dan Kode etik jurnalistik
  • Buku-buku yang relevan
  • Buku pelajaran
3.3 Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
  • Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
  • Menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/ pers.
Kebebasan pers dan dampaknya

  • Manfaat media massa dalam kehidupan sehari-hari.
  • Dampak dari penyalahgunaan kebebasan pers/media massa
Mengkritisi berbagai berita, artikel dari media cetak dan elektronik yang tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik

Mengkaji manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia

Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil temuan dan kajian tentang dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat Indonesia

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • Presentasi

4

   
  • UU Pers
  • UU kemerdekaan mengeluar-kan pendapat
  • Masduki, kebebasan pers dan Kode etik jurnalisti
  • Buku-buku yang relevan
  • Buku pelajaran

 

 

NAMA SEKOLAH                                  : SMKN 1 PLERED PURWAKARTA

MATA PELAJARAN                : Pendidikan Kewarganegaraan

KELAS/ SEMESTER              : XII/2

STANDAR KOMPETENSI    : Mengevaluasi Dampak Globalisasi

KODE KOMPETENSI            : 4

ALOKASI WAKTU                  : 12 X 45 Menit

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

JENIS PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

4.1 Mendeskripsikan proses, aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • Mengemukakan proses globalisasi
  • Mendeskripsikan aspek globalisasi
  • Mendeskripsikan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Globalisasi

  • Proses dan aspek globalisasi
  • Dampak-dampak globalisasi
Mengkaji proses dan aspek globalisasi dari berbagai media cetak dan elektronik

Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian literatur tentang dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • Presentasi

2

   
  • Media cetak dan eletkronik tentang Globalisasi

 

  • Buku-buku yang berkaitan tentang globalisasi
 4.2 Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia
  • Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara
  • Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia sebagai dampak globalisasi
  • Pengaruh globalisasi dalam bidang :
  •  ekonomi
  • social budaya
  •  politik
  • Hankam
  • Pengaruh negara lain yang dirasakan Indonesia sebagai dampak globalisasi
Mengkaji dari berbagai media cetak dan elektronik tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa Indonesia dalam bidang POLEKSOSBUDHANKAM

Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian tentang contoh-contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia sebagai dampak globalisasi

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • Presentasi

4

   
  • Media cetak dan eletkronik tentang Globalisasi

 

  • Buku-buku yang berkaitan tentang globalisasi
4.3   Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia
  • Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

  • Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi.
  • Implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia
  • Sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi
Mengkaji berbagai literatur tentang implikasi globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia

 

Menyimpulkan dari hasil kajian dan menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi dan menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi.

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)

 

  • Presentasi
  • Skala sikap

2

   
  • Media cetak dan eletkronik tentang Globalisasi

 

  • Buku-buku yang berkaitan tentang globalisasi
4.4   Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan NegaraIndonesia
  • Meresensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

  • Membuat karya tulis tentang pengaruh globalisasi
  • Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi
tulisan tentang globalisasi

  • Langkah-langkah penulisan ilmiah
  • Sistematika penulisan
  • Presentasi karya tulis
Meresensi berita/artikel dari beberapa buku, surat kabar, media elektronik tentang pengaruh globalisasi terhadap kehidupan bangsa dan negara Indonesia

Menyusun tulisan ilmiah tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia

Mempresentasikan hasil tulisannya di depan kelas dan dikritisi oleh teman-temannya

  • Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
  • Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
  • Presentasi
  • Skala sikap

4

   
  • Media cetak dan eletkronik tentang Globalisasi

 

  • Buku-buku yang berkaitan tentang globalisasi

 

Posted November 11, 2011 by beninugraha79

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: